Kamis, 02 April 2009

Apa itu PABX...??????


Pengertian PABX

Private Automatic Branch Exchange (PABX) merupakan istilah lama dari Private Branch Exchange (PBX).
Disingkat dengan PBX, dulu disebut dengan PABX (Private Automatic Branch Exchange). Peralatan ini berfungsi untuk memaksimalkan fungsi telepon di perusahaan. Dengan adanya PBX ini akan memudahkan berbagai bagian bagian pada suatu kantor dari panggilan telepon yang masuk. Masing-masing bagian pada kantor tersebut diberikan nomor extension. Sehingga jika ada telepon masuk dari luar untuk menghubungi bagian yang berbeda , maupun gedung yang berbeda cukup dengan menghubungi suatu nomor yang diperkenalkan oleh perusahaan, kemudian panggilan tersebut akan diteruskan berdasarkan nomor extension yang dituju.Selain itu masing-masing bagian juga bisa saling berkomunikasi antar mereka dengan menuju nomor ekstension ini.

Votel Innovation PABX

PABX adalah Alat Penyambung (Switch) untuk mengatur komunikasi telpon masuk dan telpon keluar secara efisien dan efektif di Kantor, Ruko, Rukan, Rumah besar/bertingkat, Asrama, Kost, dan bangunan lainnya.

PABX merupakan sebuah sentral kecil yang digunakan di dalam suatu lingkungan terbatas, yang merupakan pusat dari suatu jaringan peripheral peralatan komunikasi. Jumlah sambungan (extension) yang dapat dikelola tergantung dari kapasitas PABX itu sendiri. Untuk menghubungkan extension dengan pelanggan yang berada di luar PABX, pada PABX dilengkapi dengan trunk. Umumnya dipasang pada kantor-kantor, hotel, rumah sakit atau pabrik pabrik yang memakai telepon sebagai sarana komunikasi untuk hubungan antar ruangannya. Masing-masing pesawat telepon tidak secara langsung tersambung pada sentral pusat, tetapi melalui PABX. Secara garis besar terdapat dua level PABX, yaitu PABX pada level Trunk dan PABX pada level pelanggan. PABX level Trunk dihubungkan ke sentral dengan empat kawat kecepatan tinggi untuk melewatkan sinyal digital, dan PABX ini sudah dapat melaksanakan sebagian besar tugas-tugas dari sentral. Sementara PABX pada level pelanggan terhubung ke sentral dengan dua kawat analog seperti pesawat telepon biasa. Ada beberapa perangkat keras sebagai pendukung system PABX. Masingmasing perangkat tersebut saling mendukung antara satu dengan yang lainnya.
Perangkat tersebut biasanya disebut sebagai sub sistem atau modul. Dan yang menghubungkan antara modul satu dengan yang lain adalah merupakan induk dari modul-modul tersebut sehingga mereka bisa menjadi suatu sistem yang teratur dan terkoordinasi. Induk penghubung ini adalah Motherboard atau Blackplane. Semua proses penyambungan akan melalui Motherboard. Kondisi yang terjadi seperti: interfacing dengan UP-BUS, pengintegrasian ke seluruh modul dengan ST BUS dan interfacing dengan outlet dilakukan pada Motherboard.

Fungsi Dari PABX
Pada dasarnya semua PABX digital mempunyai grup fungsional yang sama, tapi fungsi-fungsi tersebut diterapkan dan diatur dalam jalan yang berbeda dalam sistem yang bervariasi. fungsi PABX sebagai sistem penyambungan telepon untuk mengatur proses penyambungan komunikasi telepon.

PABX (Private Automatic Branch Exchange) atau PBX (Private Branch Exchange) ada 2 macam, yaitu:
A. Digital PABX
Jenis ini biasanya memakai kabel tilpon 4-kawat dan pesawat telepon Extension yang juga Digital. Pesawat telepon Digital harganya mahal sekali, sekitar Rp 1.000.000 per buah. Mahalnya seperti harga Key Telephone yang juga memakai kabel tilpon 4-kawat. Key Telephone adalah semacam PABX dimana masing-masing pesawat teleponnya bisa berfungsi sebagai Operator Console.
B. Analog PABX (Votel PABX)
Jenis ini memakai kabel tilpon 2-kawat dan pesawat telepon Extension yang juga Analog (Tone dial). Pesawat telepon Analog relatif murah, sekitar Rp 75.000 per buah untuk kualitas yang cukup baik.
Votel PABX mempunyai 10 model yang semuanya dilengkapi dengan feature DISA-OGM recording.
DISA (Direct Inward Station Access; atau DID = Direct Inward Dialing) berfungsi sebagai Operator Otomatis di mana Penilpon setelah menekan nomor tilponnya dapat langsung menekan nomor Extension yang dikehendaki. Kalau di Kantor, misalnya nomor Extension 805 dari Manager Keuangan atau kalau di Rumah Tangga nomor Extension dari salah satu kamar anak.
OGM (Out-Going Message) recording berfungsi untuk merekam suara "Greeting" yang akan terdengar oleh Penilpon dan berisi informasi suara untuk menekan nomor Extension yang dikehendaki.
Misalnya "Selamat datang di PT ABC; untuk Pimpinan tekan 801, Penjualan 803, Keuangan 804, Teknik 804, dan Operator 802".

Votel PABX mempunyai 9 model dengan berbagai kapasitas dan features, yaitu:
1. TC-108C
Kapasitas sambungan 1 Line Tilpon & 8 Telepon Extension dan features antara lain DISA-OGM recording 12 detik, hanya 1 jalur pembicaraan pada setiap saat (single loop), moulded plastic casing dan Standar Internasional ISO-9001.
2. TC-208 (TC Series)
Kapasitas sambungan 2 Line Tilpon & 8 Telepon Extension dan features antara lain DISA-OGM recording 12detik, jalur pembicaraan multi-loop pada setiap saat, moulded plastic casing dan Standar Internasional ISO-9001. Versi lain dari model ini mempunyai DISA-OGM recording 12 detik, OGM 4 detik untuk Extension sedang sibuk dan OGM 4 detik untuk Extension tidak diangkat.
3. TC-308 (TC Series)
Kapasitas sambungan 3 Line Tilpon & 8 Telepon Extension dan features antara lain DISA-OGM recording 12 detik, jalur pembicaraan multi-loop pada setiap saat, moulded plastic casing dan Standar Internasional ISO-9001. Versi lain dari model ini mempunyai DISA-OGM recording 12 detik, OGM 4 detik untuk Extension sedang sibuk dan OGM 4 detik untuk Extension tidak diangkat.
4. TC-416 (TC Series)
Kapasitas sambungan 4 Line Tilpon & 16 Telepon Extension dan features antara lain DISA-OGM recording 12 detik, jalur pembicaraan multi-loop pada setiap saat, moulded plastic casing dan Standar Internasional ISO-9001.
5. TC-B Series - Billing System & Battery backup
Kapasitas sambungan 2 s/d 6 Line Tilpon (bisa di upgrade) & 8 s/d 32 Telepon Extension (bisa di upgrade) dan features antara lain DISA-OGM recording 12 detik, OGM 4 detik untuk Extension sedang sibuk dan OGM 4 detik untuk Extension tidak diangkat, jalur pembicaraan multi-loop pada setiap saat, Battery backup 8 jam bila listrik padam, Billing/Charging software sederhana, Serial cable untuk disambung ke Serial/Com port dari PC (Windows 98SE/2000/XP), metal casing dan Standar Internasional ISO-9002.
6. TC-8000 Series - Billing System
Kapasitas sambungan 8 Line Tilpon & 8 s/d 128 Telepon Extension (bisa di upgrade) dan features antara lain DISA-OGM recording 12 detik, OGM 4 detik untuk Extension sedang sibuk dan OGM 4 detik untuk Extension tidak diangkat, jalur pembicaraan multi-loop pada setiap saat, Billing/Charging software sederhana, Serial cable untuk disambung ke Serial/Com port dari PC (Windows 98SE/2000), moulded plastic casing dan Standar Internasional ISO-9001.
7. TC-208e (TC-e Series) - "e" = ekonomis
Kapasitas sambungan 2 Line Tilpon & 8 Telepon Extension dan features antara lain DISA-OGM recording 10 detik, jalur pembicaraan multi-loop pada setiap saat dan metal casing. Tidak Standar Internasional ISO-9001.
8. TC-308e (TC-e Series) - "e" = ekonomis
Kapasitas sambungan 3 Line Tilpon & 8 Telepon Extension dan features antara lain DISA-OGM recording 10 detik, jalur pembicaraan multi-loop pada setiap saat dan metal casing. Tidak Standar Internasional ISO-9001.
9.TC-416e (TC-e Series) - "e" = ekonomis
Kapasitas sambungan 4 Line Tilpon & 16 Telepon Extension dan features antara lain DISA-OGM recording 10 detik, jalur pembicaraan multi-loop pada setiap saat dan metal casing. Tidak Standar Internasional ISO-9001.

Beberapa keunggulan dari Votel PABX adalah:

1. Mudah instalasinya karena semua sambungan ke port Line Tilpon & port Line Extension memakai konektor standar RJ-11.
2. Dilengkapi Buku Petunjuk/Manual dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
3. Semua model Votel PABX sudah dilengkapi feature DISA-OGM recording yang setiap saat dapat diaktifkan bila dikehendaki.
4. Votel PABX memakai pesawat telepon Extension Analog (standar 2-kawat & Tone dial) yang harganya relatif murah
dan mudah dibeli di toko-toko elektronik-listrik.
5. Setup/Program Votel PABX dilakukan dari pesawat telepon Extension Analog (standar 2-kawat & Tone dial) dari port
Extension ke-1. Tidak diperlukan pesawat telepon Console khusus yang mahal untuk melakukan Setup/Program.
6. Bila listrik padam, maka otomatis Line-Line Tilpon (CO Lines) tersambung secara berurut ke pesawat telepon
Extension mulai dari Extension No.1 s/d No.3, dan berfungsi sebagai sambungan langsung ke Line Tilpon (Direct Line
connection).
7. Bila listrik padam, setup/program yang sudah dilakukan tidak akan terhapus. Setup/program akan otomatis aktif kembali setelah listrik menyala lagi.

Jenis – Jenis PABX
Jenis – jenis PABX dapat dibagi menjadi 2, yaitu PABX Non ISDN dan PABX ISDN. Anggota dari sebuah PABX dapat dibagi kedalam group-group dimana dalam satu group maksimal terdapat 1000 member. Ide dasar ISDN adalah penyatuan seluruh service ke dalam satu jaringan yang mampu menyediakan service yang diharapkan pelanggan, dimana untuk kemudahan akses dan mendukung seluruh tipe terminal dari pabrik yang berbeda digunakan interface akses yang standard untuk keperluan seluruh akses yang digunakan. Ide tersebut didasari pada kenyataan bahwa jaringan konvensional saat ini tidak efektif dan efisien, terutama untuk penyediaan service baru dan permintaan hubungan komunikasi digital yang semakin meningkat. ISDN merupakan pengembangan dari suatu jaringan telepon IDN yang menyediakan hubungan digital dari suatu pelanggan ke ujung pelangggan yang lain secara digital (end-to-end digital connectivity) untuk proses transformasi informasi dalam bentuk suara, data, dan gambar. Dengan kata lain Isdn mreupakan suatu jaringan digital yang mampu memberikan berbagai macam layanan jasa telekomunikasi melalui suatu interface serba guna yag berlaku di seluruh dunia. Sebelum adanya ISDN pelayanan jasa telekomunikasi dilaksanakan melalui berbagai jaringan khusus yang masing-masing hanya mampu menyediakan sekelompokjasa telekomunikasi tertentu

9 komentar:

jais on 27 Oktober 2009 08.04 mengatakan...

trims ya infonya..mampir2 ke blog ku.

www.kampunglinux.blogspot.com

venry on 14 April 2010 19.03 mengatakan...

wah info yang bagus... thx yah..

mayan buat jadi bahan artikel

Amoeba Community on 25 April 2010 05.33 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
m3rcy way to fly on 5 Desember 2010 08.39 mengatakan...

nanya...terus hubungan PABX dengan Voip gateway apa ya kak??
apakah voip gateway itu tidak dapat berfungsi tanpa adanya PABX itu sendiri???

saya bingung neh di tempat magang saya voip menggunakan perangkat voip gateway dan sebuah server voip, apa server voip itu si PABX itu???

makasih :)

Zack Arya on 13 September 2012 09.03 mengatakan...

MANTAP PISAN EUYY
HTUR NUHUN INFFO NNA
D TUNGGU INFO LAIN;YAH

Tomoya Saeki on 26 November 2013 20.35 mengatakan...

Thanks buat info nya... sukser selalu... ^^

Tomoya Saeki on 26 November 2013 20.36 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
sewamobilbox.biz on 28 Desember 2013 02.19 mengatakan...

mantap neh blog...makasih ya....

Arya Kamandaka on 4 Juni 2014 21.37 mengatakan...

nanya dong pak mengenai extensi.
apakah 1 line telp berarti 1 extensi ?

My Banner

vhie_mutz
Copy skript banner vhie_mutz yupz.... thx..

buku tamu


ShoutMix chat widget

My FolloweRs

 

Blog vhie_mutz Copyright © 2008 Green Scrapbook Diary Designed by SimplyWP | Made free by Scrapbooking Software | Bloggerized by Ipiet Notez